Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Software

Jumat, 21 Mei 2010

Lazuardiku Tak Biru Lagi Chapter 1


Lazuardiku Tak Biru Lagi
Oleh Eshu Humaira

CHAPTER 1
LAZUARDI


Kemarin kulihat dia berduaan Ra sama Astrid, mejeng di koridor sekolah pas jam pulang, huh.. udah kaya sepasang burung lagi bertengger. Sebel banget ngeliatnya, tepatnya sih ada rasa sakit di dada..
Karena ga tahan ngeliat yang kaya gituan, aku langsung memalingkan muka dan bergegas ke musholla karena aku balik lagi ke sekolah emang mau ngambil buku yang ketinggalan di sekret. Sambil nunduk tuh aku, pura-pura ga liat. Abis gimana mau negor dia sambil teriak-teriak, nt kan tahu aku ga akrab lagi sama Farel. Jadi, siapa gue gitu?!

Eh, pas aku balik lagi, selintas mereka berdua masih asik berduaan di sana. Iiih, si Farel ga takut digosipin apa ya?
Eh Ra, dengerin aku ga sih? Woy!!!
Aduh Maya. Kamu tuh takut si Farel digosipin, tapi sendirinya ngegosipin dia, gimana sih. Panas tau kupingku dengerin dari tadi! Udah besok aja ceritanya di sekolah. Nanti pulsa nt abis. Lagian hpku bentar lagi memuai nih kayanya. Panas banget tau May!
Ya udah deh, tapi besok kasih solusinya yah!!!
Yup, oke deh May. Belajar ya, kemaren nilai sejarah kamu merah kan? Ayolah berjuang untuk diri sendiri kali ini. Ok say?!
Oke Ra, doain aja ya. Assalamu’alaikum. Klik.

Hmm.. bener juga sih kata Ira, ngapain juga aku pusing-pusing mikirin dia, huh.. emangnya siapa si Farel. Dulu kukira dia bakal jadi sahabatku selama-lamanya. Taunya pas kelas tiga, kenal sama cewe itu, aku ga dianggep sama sekali! Hiks.. Sebeeel. Farel jelek!
Udah ah, mau belajar. Sejarah merah! Cuma Ira yang tau. Biarin aja. Emang aku ga jago ngapal, mau diapain?! Ya sudah, belajar yang keras, insyaAllah akan menjadi lebih baik hasilnya. Karena bisa jadi, semester kemaren aku kurang kerja keras. Yup! Bismillah.

---------------------------------------------------Al Hum’s----------------------------------------------

Aduuh, udah setengah tujuh. Ujiannya jam tujuh. Gimana nih, naik angkot M20.. hugh ga mungkin bisa diandalkan!
Pasti diturunin di Mangga Besar. Ya sudahlah, minta anterin Bang Madun lagi, huaaaaaaaaa… ga jajan deh gue!
Assalamu’alaikum, Bang Maduuuuuuuuun…. Eh Mpo’ Mineh, ada bang Madunnye?
Ada di dalem. Mau minta anterin ya?
Iya nih, ada ujian jam 7. Sekarang udah setengah tujuh lewat 10. Bisa minta tolong cepetan ga ya mpo’?
Bisa.. Bisa.. Baaaaaaaaaaaaaaaang…! Maya, minta dianterin noh, mau ujian dia jam 7!
Tungguin bentar ya May.
Iye mpo’. Aduh pusing gue denger orang BA (betawie aseli, red) ini teriakin lakinya.
Tak lama, bang Madun keluar lengkap dengan kacamata hitamnya. Hemm, pas deh sama kulitnya.
He, Bang. Matching amat ni ari. Eh, maap ni saya buru-buru jadi nanti kuencengan dikit ye.
Oke dah!

Yah bang, kaga ada helm lagi apa?
Kaga ada May.
Yah, ntar bukannya ujian di sekolah malah di kantor polisi lagi????
Kaga, udah tenang aja. Ni Jakarta kan punya leluhur gua. Si polisi palingan orang Jawa. Berani apa dia??
Tau deh aku harus lega denger argumen itu ato ga.. tapi, mendingan aku berdoa ajah deh.. Sebenernya aku juga ga yakin, dia punya SIM apa engga, tapi aku males nanyanya..

----------------------------------------------------Al Hum’s----------------------------------------------

Gile ni orang,, disuruh cepet malah.. omg.. undur-undur yang menang lomba sprint seRT juga tetep menang sama bang Madun. Wuoy.. bang, buruan dikit nape.. dah jam 7 kurang lima nii, masih di Cilandak. Mana hari senen lagi, biang macet daahh.. di mangga besar apalagi,, wuuuhhh, eh bang di sana banyak polisi nangkring tahu…

Iye May, ni motor emang belom diservis jadinya kurang tenaga.. pantesan ya, gua jual kaga ada yang mau.. dalam hati, ya iyyalaah.. kalo polisi mah kita ngumpet aja lagi..ok..kata dia selanjutnya.
Aduuh, aku jadi ngeri sama ujiannya nii,, selain takut telat juga ga berkah coz harus ngelanggar peraturan..
Tapi, ya Allah.. kumohon ampuni aku kali ini.. yaaa..

------------------------------------------------------Al Hum’s--------------------------------------------

Nasruminnallah,, berkat pertolongan Allah akhirnya sampe juga.. keliatan pak polisi siih tadi, cuman ko aku dibiarkan bebas ya.. sebenernya siih aku pasang muka memelas dan kebingungan serta panik waktu bertemu mata pak Polisi.. apa mungkin karena itu??? Glekh..
Satu orang lagi yang harus aku hadapi sesampainya di gerbang.. eh tar dulu,, si bang Madun ko langsung ngacir waktu aku mau ngasi duit? Eh dia lupa apa nolak rejeki? Iiihh,, ah udahlah ntar aja pas pulang ditanya lagi.

Ini hari keberuntunganku ato apa ya,, tiba-tiba ada angkot berhenti dan keluar beberapa temanku yang juga “akan” dinyatakan terlambat olah pak Wakidjo, itu tadi satu orang yang kumaksud..
Sebenernya sih, kita dah deket sama pak satpam ini, tapi yang namanya terlambat.. dia ga bakalan menolerir..
Oh my God, aku harus menyiapkan jawaban yang realistis nih sebagai alasan keterlambatan..

Huuh, demi melihat si Farel yang baru datang juga.. pikiranku jadi kacau..sebel. Tapi dia cuma melirikku sebentar ketika aku dan yang lain sedang meratapi nasib di depan pintu pagar. Kemudian dia ngajak ngobrol pak Wakidjo yang sedang menuju arah kami, hiiiy,, bawa pentungan lagi! Si Farel langsung menduduki posisi paling depan karena kami seperti sedang berbaris. Biasa, ngumpet-ngumpetan. Padahal si Rere sama Mimi dan Iqbal kan ‘lebar’ banged! Mana mungkin ga keliatan gitu loh..

Satu menit kemudian, pak Wakidjo membuka pintu gerbang dan tanpa penghormatan umum qt balik kanan bubar deh.. ga tau juga apa yang diomongin Farel sama pak Wakidjo, tapi yang jelas setelah satu menit mereka ngomong, pak Wakidjo mengizinkan kami masuk. Lagian emang hari pertama ujian semester.. ya sudahlah, mungkin ini adalah toleransi yang diberikan olehnya. Tapi, apa yang Farel omongin ke pak Wakidjo ya..
Padahal kami, tepatnya bertiga udah memikirkan hal kreatif untuk ngasi alasan agar diizinkan masuk bahkan sampai berkeringat dingin segala,, si Mimi yang baris di belakangku mengeluh karena ada beberapa halaman yang khusus dipersiapkan untuk dihapal sebelum bel masuk bunyi.. hhhh kalo kaya gini keadaannya..udah ga ada harapan lagi.. karena dia yakin halaman itu akan keluar di ujian… aku untung udah baca semua.. tapi cuma baca, belom dihapal. Kan aku ga jago ngapal. Hadduh,, udah ah ntar kalo udah baikan sama si Farel aku mau nanya dia ngomong apa sama pak satpam tadi.

Tiba di kelas, aku langsung menjadi pusat perhatian.. hhaah.. keliatan banget abis keringetan, punggungku basah.. ah tapi ga ada yang liat, kan aku pake jilbab.. tapi demi menahan malu karena terlambat.. aku dengan bijaksananya mencoba menjelaskan keterlambatanku ke bu guru sejarah.. padahal aku lupa samasekali dengan bahan yang aku baca tadi malam.. aku beralasan bahwa aku tidur kemaleman karena belajar.. ooowwhh untungnya beliau terima, aneh.. padahal aku beralasan sangat dibuat-buat..sebenernya sih karena abis subuh ketiduran. karena, udah tidurnya jam 2, sahurnya jam 4. Bagiku ga cukup cuma tidur dua jam.. jadi mungkin tubuhku meminta tambahan waktu, abis subuh deh dimanfaatin. untung pas subuh itu udah mandi, jadi pas bangun kesiangan tinggal berangkat aja. Tapi ya karena buru-buru aku ga sempet pake jilbab jadinya cuma pake bergo. Padahal aku paling ga suka pergi-pergi pake bergo, apalagi ke sekolah, keliatannya ga rapi githu.

Udah gitu aku bawa tas yang kemaren aku pake waktu pergi ke mall. Yah lupa bawa buku sekolah.. ahh untung aku selalu nyediain pulpen dan pensil di setiap tas yang aku pake. Jadi, modal ujianku ya.. kedua benda itu dan ingatanku, kalo masih bersisa. Oh semoga Allah memudahkan..
Kebetulan aku bukan tipe yang suka nyontek meskipun sedang dilanda kesusahan.. ya sudah aku pasrah saja.. hanya saja aku mandeg banget di soal essaynya.. ngemeng apaaa coba.

Selesai ujian, aku legaan dikit deh. Yang penting disyukuri aja masih diperbolehkan untuk ikut ujian..
Sebenernya dulu waktu aku milih masuk IPA, kirain ga ada pelajaran sejarah deelel.. ko malah dapet juga.. nyebelin banget siih.. ahh untung lagi puasa, kemarahanku hanya bergejolak di dalam hati saja.. jam sepuluh ujian lagi, sekarang masih jam sembilanan, aku keluar kelas dan duduk di depan kelas sambil nyender ke tembok.. memikirkan si Farel, dia begaya kaya pahlawan banget sih.. waktu ngelirik aku tadi. Yee, emang gue pikirin.. udah ah, ke musholla aja mau sholat dhuha, oya.. bawa catatan matematika! Kebetulan catatanku itu khusus berisi rumus-rumus yang aku rangkum, kemaren waktu ke mall aku bawa..
Ku ambil buku catatanku ke dalam kelas.. eh aku ngeliat temen-temenku lagi gundah gulana.. ooh ternyata karena ujian sejarah tadi.

Kudengar salah satunya menyesalkan diri karena semalam lebih memilih nonton pentas idol di tv daripada belajar. Padahal dia ga telat, ga ngos-ngosan masuk kelas kaya aku tadi tapi dia masih mengeluh karena ga sempet belajar. Hal senada juga dikatakan kawanku yang lain.. lhoo ada apa ini, kenapa anak-anak ini pada gandrung sama acara itu? Apa bagusnya siih?
Ah tapi topik itu paling ujung-ujungnya adalah mereka terkena ghozwul fikri. So..? lu mau diem aja ngeliat temen-temen lu kaya gitu May? Tanyaku dalam hati.. ya enggalah.. tapi devil dalam hatiku juga berkata, ya udahlah biarin aja mereka terlena..kan karena mereka juga kamu ada temennya mengalami kesusahan ujian ini..

Aku menimpali, yeee.. gimana sih lu vil.. kan mereka semester kemaren ga merah nilainya di raport. Lah gue? Ah payah lo. Mau nyenengin hati maksudnya?.. pikir dulu doong..
Bener, berarti ni temen-temen emang harus dibenahi, pikirannya maksudku. Masakan gara-gara nonton gituan mereka ga belajar. Ah tapi kalo aku ngomong begitu… secara mereka emang pinter, mungkin bahkan ga perlu belajar untuk ujian… nanti aku diketawain lagi..
Tapi kan bukan karena ujiannya sih, tapi karena kegandrungan mereka ituloh.. ah udah… banyak alasan. Nanti aku pikirin lagi aja…

Sekarang ke musholla, bawa mushaf dan catatan matematika. Keluar dari pintu kelas, belok kanan.. sekitar lima meter ada tangga ke atas ke ruang kelas anak-anak IPS. Aku melewati kelas IPA2 kemudian baru tangga itu, aku iseng (doang) ngelirik ke atas, ehemm.. malleeesss banget.. melihat si Farel sama Astrid lagi turun tangga, diperparah lagi aku ngeliat si Astrid ngegandeng Farel..

Oh tidak. Aku langsung membuang muka sebelum bertatapan dengan Farel. Kemudian berlari menuju musholla bagian akhwat.. karena bukan ‘tempat’ kondusif untuk seorang akhwat berlari… pasti mencolok banget… ah biarin aja.. kejadian itu benar-benar memuakkan… Farel oh Farel, mengapa kau jadi begini…
Melawan angin aku karena kulihat pucuk pohon beringin dekat musholla akhwat mengarah kepadaku. Tak terasa mataku memerah, padahal kecepatan lariku tak seberapa..segera aku menuju kamar mandi dan terisak di sana. Agak lama, tapi untuk apa kutangisi hal ini, aku juga tak mengerti.. aku keluar, kemudian berwudhu. Selesai sholat, aku tertunduk.. aku memikirkan bagaimana bisa Farel… tak dinyana… aku tak menemukan jawabannya, jadi aku tilawah dulu beberapa menit. Sepuluh menit terakhir sebelum aku beranjak dari tempat sholatku aku membaca-baca catatanku.. aku berdoa semoga aku ga kepikiran tentang dia lagi waktu ujian nanti.

Ketika ujian aku teringat kelebatan mereka berdua ketika turun tangga, dan aku males banget ngeliatnya. Aku kurang konsentrasi walau sebagian besar soal ujian bisa kujawab. Setelah selesai ujian aku langsung tertunduk dan menempelkan keningku pada tangan yang kusandarkan pada meja. Aku sedih melihat Farel seperti itu.. aku merasa telah kehilangan seseorang yang dekat denganku.. aku ga jealous, sama sekali tidak. Tapi dia yang pernah menjadi sahabatku, tak bisa aku jaga. Itu yang aku sesalkan.

Aku teringat bagaimana dulu kami bisa menjadi akrab. Karena berada di organisasi yang sama, OSIS, makanya sering berhubungan dan ngobrol banyak. Mungkin karena obrolan kami nyambung, maka ia merasa nyaman denganku. Aku sih tadinya biasa saja, karena sejak kecil terbiasa bermain dengan teman laki-laki, walaupun ketika masuk Rohis baru tahu batasannya seperti apa. Aku juga merasa dia enak diajak ngobrol ini itu, lama-lama sering curhat. Tadinya masalah OSIS lalu merembet ke lain-lainnya, misalnya ngomongin si Putri adik kelas kita mirip pemeran Lala (Marshanda), aku bilang aja “emang? Enggak ah.” Dia maksa bilang mereka mirip, ya udah lah ntar aku buktiin.. walau itu tidak terbukti tuh sampe sekarang. Yah, pokonya selama dia terganggu dengan sikap keras kepalaku, pasti cocok menjadi sahabatku. Itu terjadi setahun pada saat kelas dua, saat kami sedang giat berorganisasi. Pada saat itulah, banyak terjadi sesuatu yang kebetulan melibatkan dia dalam kejadian unik dalam hidupku.

..to be continued :)

0 komentar:

Posting Komentar